Legenda Mobil Sport Pertama Volvo

No Comments
Gothenburg, KompasOtomotif - Jauh sebelum Volvo dikenal sebagai merek dengan fitur keamanan canggih, produsen asal Swedia ini punya mobil sport yang disebut Volvo Sport. Diluncurkan pada 2 Juni 1954, roadster 2-penumpang ini merupakan mobil sport pertama perusahaan.
Tercetus dari ide pendiri Volvo, Assar Gabrielsson, ketika mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada 1950-an. Tujuannya untuk mempelajari pasar sebelum meluncurkan produk di sana. Ia mempelajari, ada ketertarikan kuat orang-orang AS dengan mobil sport Eropa berukuran kompak. Dengan dasar pemikiran itu, Volvo harus punya barang tersebut.
Dibantu perusahaan spesialis bodi fiberglass asal California, Glasspar, yang membuat versi prototipe, proyek Volvo Sport mulai dikerjakan pada 1954. Menampilkan tubuh pendek dan gemuk dengan gril besar. Jarak sumbu roda 2000 mm. Dibekali mesin 1.4 liter 70 PS dengan 2 karburator. Kecepatan tertinggi 155 kpj dengan sistem transmisi 3-percepatan.
Pensiun diniSaat peluncuran, Volvo mengatakan akan membuat 300 unit, semuanya buat ekspor. Pada 1956, unit pertama dikirim ke konsumen di berbagai negara, yakni Afrika Selatan, Brazil, Moroko, dan AS. Volvo Sport juga akhirnya dipasarkan di Swedia setelah meninjau kembali kebijakan eksklusif pemasaran luar negeri.
Pada awal tahun produksi, hanya ada 44 unit. Kemudian setahun setelahnya 23 unit keluar dari jalur produksi pada 1957. Karir Volvo Sport habis di tahun itu ketika direktur perusahaan baru, Gunnar Engellau, memutuskan mobil itu mesti “pensiun dini”, sebab bawah standar dan tidak menghasilkan keuntungan. Hingga kini, masih terdapat 50 unit yang tetap eksis.
Namun mobil sport Volvo tidak berakhir sampai di situ. Selepas discontinue, Volvo membuat sang legenda, mobil sport P1800. 
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar